FengShui Dapur

15 Apr

Lagi kepikiran tentang dapur di rumah metro, trus brosing2 eh ketemu artikel tentang fengshui dapur. Dapur itu ternyata merupakan hal yang penting banget yang menurut fengshui bisa mempengaruhi keberuntungan dan keharmonisan. Gilee.. penting banget dong brarti kan ? Yang satu berkaitan sama rejeki, yang satu lagi berkaitan sama kehidupan rumah tangga. Yang perlu diperhatiin di dapur adalah letak si dapur itu sendiri dan letak si kompor. Si Kompor memegang peranan penting karena kompor itu dilambangkan sebagai keadaan keuangan keluarga. Jadi intinya adalah kalau dapur dan kompor diletakkan dengan baik maka penghuni rumah akan banyak mendapatkan keberuntungan, tetapi kalau salah akan menyebabkan masalah dan banyak rejeki yang hilang.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menempatkan posisi dapur :

  • letak dapur yang ideal adalah dapur berada di belakang rumah. Kalau dapur ada di depan rumah, ibaratnya adalah penghuni rumah lebih mementingkan makanan sehingga menimbulkan masalah berat badan. Yang penting lainnya, dapur gak boleh berada di dekat pintu utama karena energi positifnya akan cepat hilang –> dapur gue letaknya ada di bagian blakang rumah… aman lah ya :)
  • Dapur harus terletak jauh dari pintu utama, tidak kelihatan dari luar dan dari ruang tamu. Kalau ini dilanggar bisa mengalami kebocoran keuangan keluarga --> checked and aman karena gak bakal bisa keliatan dari luar maupun dari ruang tamu.
  • Dapur sama sekali gak boleh dibuat di tengah-tengah rumah karena dapur akan menyebarkan energinya ke seluruh rumah sehingga menyebabkan pertengkaran dan perselisihan antar keluarga --> checked juga
  • Dapur tidak boleh mempunyai atap yang terbuka atau terbuat dari kaca karena rejeki akan menguap ke alam –> checked, gak ada genteng kaca or anything yang terbuka.
  • Lantai dapur tidak boleh lebih rendah dari lantai ruang makan karena fengshuinya buruk. Para penghuni rumah akan sulit mendapatkan kemakmuran karena setiap orang akan “meluncur ke bawah” tangga ekonominya –> phew.. lantai dapur gue seharusnya lebih tinggi 5mm daripada lantai ruang makan :D
  • Dapur harus memiliki penerangan yang baik dan ventilasi yang baik --> checked. At least gue uda pasang exhaust kompor and sebelah kompor itu kan jendela and deket sama innercourt.
  • Dapur sebaiknya tidak berada diatas tangki penampungan limbah atau tangki penampungan air –> di atas ada torn sih, gue perlu cek lagi deh torn nya ada di belah mana. Tapi rasanya sih gak ada di atas dapur ya.
  • Yang paling penting adalah dapur harus cerah, bersih, dan kering. Lengkapi dapur dengan rak atau laci penyimpan peranti memasak. Jangan biarkan dapur berantakan karena menyebabkan chi mandek. –> setujuuu.. makanya saya bikin kitchen set warna putih glossy and banyak lemari ya papii.. *Loulu gak boleh protes yaa*

Nah, itu dari sisi peletakan dapurnya. Kalau dari sisi peletakan kompor yang perlu diperhatikan antara lain :

  • Kompor sebaiknya tidak diletakkan di belakang tempat tidur --> harus diperhatiin nih, soalnya sebelah dapur itu ada kamar yang bakal ditempatin sama nyokap.
  • Kompor sebaiknya tidak berhadapan dengan tangga –> harusnya sih gak masuk itungan berhadapan dgn tangga ya, aman lah harusnya 
  • Kompor tidak dianjurkan berada dibelakang washtafel atau toilet –> dapurnya sebenernya sebelahan sih sama WC, tapi letak kompornya gak blakang2an sama washtafel ato toilet. Gapapa kali ya ?

  • Kompor sebaiknya tidak berada diantara dua buah keran air –> checked

  • Kompor sebaiknya tidak berada dibawah balok atap –> ini gak ngerti maksudnya apa. Tapi gak ada kolom sih di dapur gue, adanya di luar dapur, tapi sejajar sama kompor jaraknya sekitar 1m. Aman gak ini ?

  • Dibelakang kompor sebaiknya jangan memberi jendela yang besar –> jendelanya ada di sebelah kompor :D

  • Kompor sebaiknya tidak berhadapan dengan pintu kamar tidur utama –> tentu tidak, tapi dapur bakal kliatan dari jendala kamar tidur utama. Gapapa doong kalo gituh ;)

  • Hindari kompor yang menghadap dinding atau diletakkan di sudut dapur, karena diartikan sebagai penghalang energi yang masuk. Namun hal ini bisa diatasi dengan meletakkan cermin di atas kompor –> rasanya rata-rata kompor itu menghadap dinding kan ? tapi jadi menimbulkan ide buat pasang kaca di dinding blakang kompor, mumpung kebetulan gue kekurangan mozaik kan :D *cari telpon orang kaca abis ini yaaa*


Dari hal-hal di atas emang rata-rata sih dapur gue uda aman lah ya posisinya. Ada beberapa hal yang perlu dipikirin lagi aman apa nggak fengshuinya, yaitu lebih karena letak dapur gue di antara kamar mandi blakang dan kamar tidur. Satu lagi tentang arah ayunan sutil kalo lagi masak yang arahnya akan ke jalan, tapi dari beberapa artikel katanya ini berlaku untuk kompor yang sejajar sama pintu dapur. Ya nti disurvey lebih lanjut lagi deh. Gue emang percaya gak percaya sih sama beginian, gue lebih suka ambil tindakan aman aja. Kalo emang memungkinkan buat diikutin, ya gue ikutin aja deh daripada ternyata emang bener :D

Abis fengshui dapur, mungkin gue akan coba mengulas fengshui kamar tidur deh kalo ada waktunya

One Response to “FengShui Dapur”

  1. Stephen October 13, 2012 at 3:54 pm #

    Thanks for sharing.. good idea to learn fengshui :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: